Faktor Penyebab Utama Komputer atau Laptop Jadi Lambat

Cara Mengatasi Laptop/Komputer Lemot dan Penyebabnya, 10 Cara Mengatasi Komputer Lambat, Penyebab Utama Komputer atau Laptop Jadi Lambat - Di era serba teknologi modern sekarang ini laptop atau komputer merupakan suatu kebutuhan yang sangat mendasar dalam kita bekerja, karena dengan bantuan komputer atau laptop kita bisa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kantor dengan sangat cepat. Namun, tak sedikit orang-orang yang mengeluh akibat komputer atau laptopnya yang sudah tidak normal lagi atau juga kinerjanya menurun. Tentunya itu semua akan membuat kita merasa jengkel, apalagi jika kita sedang mendapati kerjaan deadline.

Sebenarnya banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan komputer atau laptop menjadi lelet, salah satunya ialah usia komputer atau laptop yang sudah tuir (tua) sehingga spesifikasi yang berada didalamnya pun sudah tertinggal. Di kesempatan kali ini, rajacomputerku akan memberikan jawaban-jawaban terhadap pertanyaan anda yaitu Penyebab Laptop / Komputer Menjadi Lambat atau Lelet.

Baca artikel ini : 9 Cara Menambah Ukuran Partisi C pada Windows 7

1. Space yang terlalu penuh
- Ruang ataupun Apace yang terlalu penuh pada komputer atau laptop ini bisa menyebabkan kinerja menjadi lambat, karena Space tersebut ini merupakan komponen-komponen yang sangat penting. Pada saat ruang atau space pada disk kosong, maka disk akan bekerja baik dengan maksimal. Namun sebaliknya, saat Disk itu penuh maka kinerjanya pun akan melambat. Dan tambah parahnya lagi apabila kita menginstall aplikasi yang berukuran besar atau membukanya, maka solusinya hapuslah file-file tersebut yang dianggap kurang penting pada disk tersebut.

2. Update sistem
- Penyebab lain yang bisa membuat kinera laptop atau komputer melambat yaitu kerusakan pada sistem disaat sedang di update, hal tersebut bisa terjadi akibat instalasi patch yang gagal atau pun juga ruang pada hard drive-nya yang terlalu penuh dan tak mampu menyimpan update-an terbaru OS tersebut.

3. Fragmentasi
- Fragmentasi juga merupakan faktor penyebab laptop atau komputer jadi melambat, malahan hal tersebut adalah faktor penyebab utama laptop atau komputer menjadi lelet. Dan biasanya komponen-komponen yang diserang adalah disk, jika sudah terserang maka kinerja disk tersebut ini akan melambat 10 kali lipat dari biasanya.

4. Internet cache
- Akibat akses internet yang terlalu sering sekali, dan kita malas untuk menghapus semua histori dari situs-situs yang sudah kita kunjungi, maka histori tersebut ini akan tersimpan di hard drive yang biasanya disebut dengan cache. Sehingga akan membuat space di hard drive menjadi penuh dan tentu saja membuat kinerjanya lelet, maka dari itulah usahakan untuk selalu menghapus setiap histori-histori dari situs yang sudah kita kunjungi.

5. Program start up
- Sedikit orang yang tahu dengan Program star up juga ternyata bisa menyebabkan laptop atau komputer kita menjadi melambat, program tersebut ini biasanya akan muncul pada kanan bawah komputer atau laptop dan biasanya program tersebut ini sifatnya penting. Namun, jika terlalu banyak sekali maka akan sering terjadi bentrok antar program sehingga akan memperlambat waktu booting. Dan aplikasi-aplikasi yang akan kita buka prosesnya menjadi lambat.

6. Virus
- Visrus atau malware memang bisa membuat sistem entah itu pada laptop, komputer ataupun smartphone juga menjadi rusak, jika virus tersebut sangat ganas dan tak bisa kita atasi dengan aplikasi antivirus maka pastinya kinerja dari laptop atau komputer akan menjadi lambat.

Baca artikel sebelumnya : 4 Cara Membuat GIF atau Gambar Bergerak

Demikianlah informasi tentang Penyebab Utama Komputer atau Laptop Jadi Lambat. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda. Terima kasih banyak atas kunjungannya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2 Cara Manual Aktifkan Wifi di Laptop dengan Mudah

9 Cara Menambah Ukuran Partisi C pada Windows 7

2 Cara Memainkan Game COC di PC dan HP