5 Cara Jitu Memilih Hard Disk External yang Bagus

Cara Memilih Hard Disk External yang Bagus - Harddisk ialah sebuah memori yang tersimpan di dalam laptop maupun komputer yang berfungsi sebagai ruang atau tempat penyimpanan data apa saja. Harddisk ini juga berguna sekali untuk menyimpan berbagai macam jenis file dengan berbagai jenis format, jika dalam smartphone (handphone) harddisk ini lebih dikenal dengan sebutan memori internal atau memori telepon.

Baca lainnya : 4 Cara mudah Memasukan dan Menambahkan Video ke Slide Power Point

Seiring dengan berkembangnya zaman yang makin canggih dan juga modern ini, harddisk juga sudah mulai mengalami perubahan khusunya dalam segi ukurannya. Jika dulu harddisk berukuran cukup besar, tetapi saat ini harddisk mempunyai ukuran yang lebih kecil lagi. Hal tersebut ini karena disesuaikan dengan jenis ukuran dari perangkat PC (Komputer atau Laptop) itu sendiri.

Cara Memilih Hard Disk Eksternal Yang Bagus, Cara Memilih Hard Disk Eksternal Yang Bagus, Cara Memilih Hard Disk Eksternal Yang Bagus dan AwetTidak hanya itu saja, bahkan tak sedikit orang-orang juga yang menjadikan harddisk laptop itu sebagai harddisk eksternal atau portable. Makanya tidak heran jika para perusahaan teknologi canggih yang bergerak di bidang sparepart komputer telah berlomba-lomba untuk memproduksi harddisk tersebut, dan bahkan mereka juga telah berani menjualnya dengan nilai harga yang cukup murah meriah.

Pada pembahasan artikel kali ini, rajacomputerku akan mencoba memberikan tips-tips mudah kepada anda tentang “Tips Mudah Memilih Hardisk Eksternal Supaya Awet” dan berikut dibawah ini ulasan lengkapnya;

Baca artikel populer : Cara Jitu Menanam RAM Komputer dan Laptop

Sesuaikan Format Harddisk dengan System Operasi Perangkat PC milik Anda
- Langkah pertama yang harus dilakukan dalam memilih sebuah harddisk yaitu, untuk memperhatikan pada sistem operasi yang digunakan oleh perangkat PC milik anda sendiri. Jika komputer ataupun laptop anda berbasis OS Windows, maka sebaiknya pilihlah harddisk eksternal yang berformat “NTFS”. Namun jika sistem operasinya MAC, maka sebaiknya jenis harddsik yang sesuai yaitu format “HFS+”.

Perhatikan Kapasitas Penyimpanan Harddisk
- Apabila anda akan membeli harddisk eksternal, maka anda harus sangat-sangat diperhatikan soal kapasitas atau kuota penyimpanan dari harddisk itu sendiri. Pastikan anda untuk memilih jenis hardisk yang mempunyai kapasitas penyimpanannya besar, hal ini agar kita lebih leluasa dalam hal menyimpan berbagai macam file.

Kecepatan Rotasi
- Perhatikan juga masalah pada kecepatan rotasi dari Harddisk eksternal yang hendak anda bawa pulang (beli), adapun harddisk yang bagus mempunyai kecepatan 7.200 rpm. Bahkan saat ini sudah tersedia jenis harddisk yang mempunyai kecepatan rotasi jauh lebih tinggi yaitu mencapai 10.000 rpm.

Perhatikan Konektivitas
- Hal yang tidak kalah pentingnya yang harus diperhatikan pada saat anda akan membeli harddisk ekternnal yakni konektivitas dari harddisk itu sendiri, pastikan memilih jenis harddisk yang mempunyai versi konektivitasnya yang cukup tinggi. Hal ini bertujuan agar pada saat mentransfer data di PC bisa lebih cepat, adapun konektivitas USB mulai dari kecepatan (2.0, 3.0, atau 4.0) semakin besar maka akan semakin bagus.

Bentuk Hard disk
- Harddisk eksternnal ini layaknya semacam flashdisk yang bisa dibawa kemana-mana, jadi disarankan anda untuk memilih jenis harddisk yang berukuran relatif kecil saja. Agar anda tidak ribed saat membawanya, dan pilih juga jenis harddisk yang dilengkapi dengan cassing pelindung misalnya saja seperti karet agar aman terhadap benturan.

Baca artikel sebelumnya : Cara jitu Merubah atau Mengganti VGA Laptop

Nah, itu saja yangg dapat kami berikan terkait Cara Memilih Hard Disk External yang Bagus. Terima kasih banyak kunjungan anda dan semoga bermanfaat...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2 Cara Manual Aktifkan Wifi di Laptop dengan Mudah

9 Cara Menambah Ukuran Partisi C pada Windows 7

2 Cara Memainkan Game COC di PC dan HP